Ribbon membeku/freeze setelah menjalankan program Otomasi Klarifikasi PPN / Otomasi KKP PPh 25 Badan

di Office 2013 jika kita baru saja menjalankan perintah di menu ribbon e-Audit utilities yang menambahkan file/workbook baru dan menjalankan serangkaian action/perintah yang kompleks seperti :

  • Otomasi Pembuatan KKP PPh 25 Badan
  • Otomasi Pembuatan Klarifikasi PPN
  • Import/sedot data SIDJP

kadang menu ribbon freeze/ tidak bisa diakses, hal ini disebabkan karena office 2013 bukan merupakan Multiple Documents Interface (MDI) namun merupakan Single Documents Interface (SDI).

Multiple Documents Interface (MDI) adalah interface yang ada di office 2007 dan sebelumnya dimana excel akan memuat beberapa documents dalam 1 aplikasi excel sehingga kita menemui menu window yang berisi daftar dokument yang sedang dibuka, sedang Single Documents Interface (SDI) berarti 1 buah aplikasi Excel hanya memuat 1 buah dokument, sehingga jika kita membuka 2 atau lebih dokument maka berarti kita memiliki 2 atau lebih aplikasi Excel yang berjalan bareng

Hal ini mengakibatkan aplikasi seolah2 hang/freeze, karena begitu kita buat 1 new workbook maka akan dibuka juga 1 aplikasi excel yang baru.

Untuk solusinya gampang saja

  • Klik Ctrl+P (print preview & Print)
  • Jika sudah muncul halaman print preview, lalu Pencet tombol ESC
  • Ribbon pasti udah normal

mungkin ada solusi di script program agar freeze ini tidak terjadi, namun penulis belum menemukannya. Jadi ini adalah solusi sementara sampai ketemu solusi yang sebenarnya

 

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *