Menghapus Hidden Names di Excel

Pernah pengalaman beberapa kali nemu warning begini:

Itu biasanya terjadi ketika mau meng-copy/menggandakan sheet. Klik Yes, ternyata muncul warning lagi. Beberapa kali muncul baru selesai. Bahkan pernah karena saking banyaknya, saya tekan terus tombol Enter di keyboard. Cukup lama, hingga akhirnya selesai juga. Itu baru satu sheet, belum yang lain.

Kenapa bisa begitu? Setelah gugling sana-sini, ternyata masalah seperti itu muncul karena sheet tersebut memiliki name/range yang tersembunyi. Name tersebut tidak terlihat kalo kita cek melalui menu Formulas - Name Manager. (Apa itu Name/Range? Cek penjelasan suhu eoditor, mas Bayu, disini). Dan biasanya itu file excel sudah hasil copy yang kesekian kali.

Trus gimana caranya supaya gak terulang lagi? Cara paling joss mungkin dengan menggunakan Kutools, sebuah add-in untuk excel, seperti e-Audit Utilities. Kutools memiliki banyak fungsi atau menu untuk memudahkan pekerjaan di Excel. Tapi sayangnya, Kutools gak gratis, 39 dollar. Untungnya, e-Audit Utilities gratis....(pahala terus untuk yang buat). Selain Kutools, kita bisa gunakan kode macro atau VBA. Macro tersebut akan mencari hidden names dan memberi kita pilihan untuk menghapusnya. Kira-kira begini baris-baris kodenya:

Ngeri ya ngeliat bahasa apaan tuh? Kalo pusing, unduh aja file dibawah ini. Cara pakenya gampang, buka file tersebut, dan aktifkan macronya. Lalu buka file yang ingin dibersihkan dari hidden names. Lalu masukkan nama file tersebut beserta ekstensinya ke dalam kotak. Tekan tombol, klik Yes untuk menghapus. Klik Yes terus sampe selesai, haha.... Setidaknya, kalo udah selesai, masalah diatas nggak terulang lagi untuk file tersebut. Dan biasanya ukuran file akan berkurang kalo hidden names yang dihapus buanyak, hasilnya file jadi lebih ringan.

Gitu aja deh... Silahkan dicoba, semoga bermanfaat. Kalo nanti masih ada masalah, biar suhu eoditor yang turun tangan, hihihi....

Download file Remove Hidden Names

Sumber bacaan: Macro to Remove Hidden Names in Active Workbook

 

 

 

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply